wisata durian lampung

5 Tempat Wisata Durian Yang Ada di Lampung

Diposting pada

Wisata Durian Lampung – Siapa yang tak suka durian, hampir semua orang Indonesia menyukai durian. Buah yang mempunyai bau yang menyengat dan khas serta mempunyai kulit berduri ternyata di dalamnya terdapat biji buah yang rasanya nikmat sekali.

Dan hamper semua daerah di Indonesia dapat ditumbuhi dengan durian karena memang cocok dengan iklik yang ada di Indonesia. Salah satu provinsi yang lumayan terkenal dengan durianya adalah Lampung, dan kebetulan juga di provinsi inilah saya tinggal.

Bulan januari sampai akhir bulan februari merupakan musimnya durian matang. Jika sudah masuk pada bulan tersebut, anda yang mungkin sering ke Lampung aka nada banyak sekali pedagang durian yang berjejer di jalan, alun-alun, dan pasar-pasar yang ada di Lampung.

Harga durian yang dijual tentunya bervariasi dong, mulai dari harga 10 ribu sampai 100 ribu. Tergantung besar kecilnya durian. Jika semakin besar maka harganya akan semakin mahal. Harga durian yang dijual di tempat umum berbeda dengan harga durian yang dijual di petaninya langsung. Karena tentunya para pedagang sudah menghitung untung dan ruginya.

Nah… pada artikel ini saya akan beri tahu tempat di Lampung yang banyak buah durianya yang bisa langsung di beli dari petani sehingga harganya jauh lebih murah. Dan tempat-tempat berikut ini dapat anda jadikan sebagai lokasi wisata, atau tepatnya wisata durian.

5 Tempat Wisata Durian Lampung

1. Desa Suban, Lampung Selatan

Wilayah ini sudah cukup dikenal oleh warga Lampung yang suka dengan durian. Karena di tempat ini ada hambir 19 hektar kebun durian yang dapat dijadikan tempat wisata. Bahkan di tempat ini kita bisa langsung menjelajah kebun durian sambal mencari durian yang jatuh. Kita bisa memilih durian yang jatuh tersebut dan tentunya harganya jauh lebih murah. Desa Suban merupakan tempat wisata durian paling favorit yang sudah dikenal di Lampung.

2. Bukit Gemuruh, Way Kanan

Tempat ini berada di kecamatan Way Tuba, Way Kanan Lampung. Di tempat ini anda dapat menjumpai panen raya durian mulai bulan desember sampai januari. Menurut informasi yang saya dapatkan memang untuk harga durian ditempat ini agak mahal karena di jual dengan harga mulai 20 ribu ke atas.

3. Sukadanaham, Bandar Lampung

Lokasinya berada di jalan Raden Imba Kesuma, Sukadanaham, Bandar Lampung. Saat akan masuk ke lokasi, anda akan menjumpai tugu durian yang besar. Yang menjadi symbol tempat tersebut bahwa sebagai salah satu daerah penghasil durian. Sukadanaham juga dikenal sejarah sebagai Kawasan sejarah colonial yang menjadi lumbung durian pada masa itu.

4. Jabung, Lampung Timur

Ternyata Jabung yang dijuluki sebagai daerah begal juga menyimpan kenikmatan dengan banyaknya buah durian yang tumbuh di daerah tersebut. Hampir semua daerah di sekitar Jabung memiliki pohon durian yang tentunya saat berbuah, anda bisa membelinya secara langsung. Namun anda perlu hati-hati saat anda memasuki daerah ini, karena daerah ini terkenal dengan julukan sebagai sarang begal.

5. Kota Agung, Tanggamus

Sepanjang jalur lintas barat tepatnya di kabupaten Tanggamus merupakan salah satu penghasil durian terbaik di provinsi Lampung. Jika tiba musimnya yaitu saat masuk bulan desember sampai Januari, anda akan melihat banyak sekali lapak durian milik warga yang berjejer di sepanjang jalan tersebut. Warga langsung menjualnya dengan membuat lapak tersebut. Harganya pun juga terhitung murah, karena kebetulan saya juga pernah kesana dan membelinya langsung. Ada petani yang menjual duriannya sengan system Borongan dan ada juga yang dengan system satuan.

Dan demikianlan beberapa tempat di Lampung yang dapat anda jadikan sebagai lokasi untuk berwisata durian. Satu hal yang perlu anda siapkan adalah membawa uang yang cukup untuk menikmati durian-durian  tersebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *