Way Kambas, Wisata Khas Andalan Lampung

Diposting pada

Halo sahabat nada… Lampung adalah provinsi yang berada di ujung selatan pulau Sumatra, lautnya berada di perbatasan selat sunda. Lampung merupakan satu-satunya tempat yang akan dilewati oleh masyarakat Sumatra yang akan menuju pulau Jawa. Penyebrangan tersebut bernama pelabuhan Bakauhuni yang langsung terhubung dengan pelabuhan Merak Banten.

Tapi tak banyak yang tau jika Lampung mempunyai tempat wisata yang terkenal sampai Dunia, nama tempat tersebut adalah Way Kambas atau bisa juga disebut Taman Nasional Way Kambas.

Lalu apa yang membuat Way Kambas terkenal?

Way Kambas terkenal akan tempat penangkaran dan pelatihan gajah Sumatranya. Tak hanya sebagai penangkaran dan pelatihan Gajah Sumnatra, Way Kambas juga sebagai tempat kontroling populasi gajah Sumatra dan hewan-hewan lain yang dilindungi.

Taman Nasional Way Kambas adalah salah satu hutan lindung yang ada di Indonesia, ada banyak jenis hewan yang dilindungi disini seperti gajah, badak, dan harimau. Sedangkan yang dijadikan sebagai icon di provinsi Lampung adalah gajah.

Gajah di Way Kambas dilatih oleh pawang, kemudian gajah tersebut digunakan sebagai kendaraan untuk menjelajah dan mengamankan kawasan Taman Nasional Way Kambas.

Festival Way Kambas

Jika di Lombok terkenal akan komodonya, hal itu berbeda dengan Lampung. Dari dulu Lampung memang terkenal dengan gajahnnya, karena memang gajah menjadi ikon dari provinsi Lampung.

Apalagi setiap tahun Way Kambas selalu diadakan acara yang tujuanya untuk menarik wisatawan lokal dan asing. Acara tersebut dikenal dengan sebutan Festival Way Kambas. Acara tersebut diadakan di bulan November setiap tahun tepatnya setiap tanggal 8-11 November.

Dalam acara tersebut panitia mengadakan banyak sekali acara perlombaan yang bertujuan supaya Way Kambas lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia. Seperti festival Way Kambas 2018 yang baru saja selesai diadakan, banyak sekali pengunjung yang datang untuk melihat Way Kambas. Bahkan saat memasuki pintu menuju ke Way Kambas sering terjadi kemacetan, karena saking banyaknya pengunjung.

Festival Way Kambas 2018 dihadiri oleh masyarakat Lampung dan luar Lampung, itu terlihat dari mobil-mobil yang masuk ke Way Kambas ada yang berplat NO F, B, dan BG.

Apa Yang Menarik dari Festival Way Kambas

Festival Way Kambas menyajikan banyak sekali acara, tapi yang paling menarik adalah pertunjukan gajah-gajah yang sudah dilatih. Gajah-gajah tersebut beratraksi untuk bermain sepak bola, karena menurut info yang saya dapatkan Way Kambas memiliki dua tim sepak bola yang siap bertanding saat pertunjukan.

Jika penasaran, Langsung saja datang ke Way Kambas dan saksikan pertunjukan gajah tersebut. berikut ini beberapa poto yang di ambil dari Way Kambas.

BACA JUGA: Tarif Masuk Way Kambas untuk Wisatawan Lokal dan Asing

Terima kasih! Semoga bermanfaat

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *